Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog

Cara Jadikan Power Bank Berkapasitas Raksasa

Entah kenapa trafik terbesar blog sederhana ini banyak berdatangan dengan kata kunci power bank dengan variasi kata kunci lainnya yang tidak jauh dari tegangan dan arus. Maka sepantasnya saya akan melengkapi postingan seputar itu agar rekan tekno semua puas dengan penjabaran seputar dunia powerbank.

Seperti artikel terdahulu yang sebenarnya tidak sengaja dan ngasal saya menulisnya apalagi kalau bukan cara merakit rangkaian power bank, ternyata respon pembaca sangat luar biasa hingga masuk Hot Threat di forum terbesar negeri tercinta ini.

Oke, langsung saja...!

Anda sudah bisa menerka dari gambar yang saya papar di atas, rangkaian apakah itu?

Ya, benar itu rangkaian modul power bank modul siap rakit buatan pabrik, modul tersebut memang diperuntukkan bagi person yang tidak puas dengan kapasitas powerbank yang beredar dipasaran, entah itu kapasitas yang kecil, baterai cepat rusak, dan masalah lainnya.

Nah, dengan modul tersebut para mania oprek teknologi elektronika bisa puas bermain-main dengan booster USB tersebut.

Baca: Cek Tagihan PDAM

Jika di rumah banyak baterai tipe 18650 yang besar itu tegangan 3.7 volt biasanya bisa diambil dari bongkaran bekas battery laptop, rekan tekno bisa memanfaatkan dengan modul kecil tapi sangat membantu proses isi ulang ketika darurat di lapangan tidak ada sumber listrik untuk isi ulang baterai smartphone.

Silahkan rekan tekno simak rangkaian di atas...!

Modul input charger untuk baterai Li-ion 3,7V dari port micro USB charger listrik USB untuk ponsel dan lainnya, tengangan dari charger listrik 5V kemudian ditandai dengan lampu indikator RED saat proses isi ulang dan biru saat baterai telah penuh.

Fungsi saklar geser sebagai saklar ON/OFF sekaligus saklar pemindah charger baterai dan isi ulang ke ponsel jika akan digunakan.

Jika dirasa satu baterai saja kurang besar kapasitas Ampere-nya rekan tekno diperbolekan menambah jumlah battery dengan SYARAT tengangan input tidak boleh lebih dari 4,5V sebaiknya tetap dijaga tegangan input 3,7V. Caranya baterai-baterai tadi disambungkan paralel atau (+) dengan (+) dan (-) dengan (-) sehingga didapat sebuah power bank dengan kapasitas raksasa.

Apa hal ini tidak berbahaya buat ponsel saya?

Tentu saja tidak kapasitas ibarat besaran tandon air yang sanggup menampung berapapun banyaknya air, sedangkan kran air disamakan dengan arus keluaran module step up yang tetap kisaran 600mA sampai 2000mA.

Nah, beberapa modul step up (OUT) ada yang dijual 600mA, 1000mA, 1500mA, dan 2000mA (baca: ibarat pengatur kran air). Kira-kira seperti itu untuk memudahkan rekan tekno memahami cara kerjanya. (Baca Juga : Cek Tagihan Pajak PBB)

Jadi, jawabannya tentu saja aman untuk gadget sebab tegangan standar ouput USB sebesar 5V untuk isi ulang ponsel pintar anda. Baik, jika rekan tekno berminat mendapatkan modul harga murah silahkan invite PIN saya di atas ya?!. Selamat membuat power bank raksasa sekarang!

Top